Logo NuN

 

 

Makna Logo/Lambang “Netizen untuk Negeri” (NuN)

Logo “NuN” terdiri atas sejumlah elemen sebagai berikut:

  • Logo utama adalah tulisan berhuruf “nun” yang distilisasi. Pewarnaan merah-putih sebagai warna bendera Republik Indonesia menunjukkan bahwa NuN merupakan organisasi komunitas yang mengutamakan negara.
  • Bola Bumi : Penampakan bola Bumi yang bulat dengan poros miring menunjukkan bahwa NuN memihak pada ilmu pengetahuan yang telah membuktikan fakta ilmiah tersebut, alih-alih keyakinan beberapa pihak tentang “bumi datar” yang dilandasi penafsiran keliru atas teks agama tertentu. Fokus pada area Indonesia tentu saja menunjukkan bahwa NuN merupakan organisasi yang dibentuk oleh, dari, dan untuk rakyat Indonesia. Garis lintang dan bujur yang sebenarnya imajiner adalah untuk mempertegas bahwa kegiatan utama NuN adalah di dunia maya atau dikenal dengan singkatan www (world wide web).
  • Bintang di puncak menunjukkan bahwa prestasi dan kerja nyata merupakan corak anggota organisasi. Di samping itu simbol bintang juga dipakai dalam Pancasila sebagai lambang sila “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Ini menunjukkan bahwa NuN menghormati prinsip ini dengan pengejawantahan setara di semua agama.
  • Rantai emas di kiri atas melambangkan bahwa persatuan merupakan hal yang penting bagi organisasi. NKRI dibangun atas dasar persatuan berbagai suku bangsa yang berbeda agama, bahasa dan latar belakang.
  • Kapas di kanan atas melambangkan kasih-sayang dan welas-asih merupakan dasar bagi anggota NuN dalam berinteraksi dengan sesamanya. Ini karena NKRI dibangun atas dasar toleransi dan tenggang rasa dalam kerangka pelaksanaan semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika”.
  • Untaian padi di kiri bawah melambangkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia juga menjadi perjuangan organisasi. Karena bagaimanapun sebagai manusia selalu menginginkan perbaikan dalam kehidupannya. Dan itu memang juga menjadi tugas negara untuk mewujudkannya.
  • Untaian daun zaitun di kanan bawah melambangkan kebijaksanaan dalam kerangka berpikir adil, obyektif dan proporsional yang menjadi pedoman seluruh anggota NuN. Mendasarkan diri pada ilmu-pengetahuan dengan fakta dan data dalam mengeluarkan pendapat atau opini, membuat anggota NuN menjadi pribadi bertanggung-jawab yang tidak sekedar berkomentar seperti banyak terjadi di media sosial.
  • Pita merah-putih di bagian terbawah dengan tulisan “Netizen untuk Negeri” mencerminkan ikatan NuN sebagai sebuah organisasi komunitas yang mendahulukan negara dalam setiap langkahnya. NuN mengemas setiap tindakannya dalam kerangka berpikir NKRI adalah yang utama.

 

 

 

error: Content is protected !!